Cara Menanganani Dan Mengatasi Ventricular Tachycardia Dalam Ranah Medis

sumber gambar: hellosehat.com

Venticular Tachycardia adalah denyut jantung cepat yang dimulai di ventrikel, bilik jantung lebih rendah. Biasanya hasil dari penyakit jantung yang serius dan sering membutuhkan perawatan segera atau darurat.

Irama jantung yang abnormal adalah perubahan kecepatan atau pola detak jantung – jantung mungkin berdetak terlalu lambat, terlalu cepat atau tidak teratur. Ketika jantung berdetak terlalu lambat, terlalu sedikit darah yang dipompa ke seluruh tubuh. Ketika jantung berdetak terlalu cepat, jantung tidak dapat terisi penuh sehingga tubuh tidak menerima volume darah yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik. Denyut jantung yang lambat disebut bradikardia. Detak jantung yang cepat disebut takikardia.

Jantung terdiri dari empat kamar. Kamar atas, yang disebut atrium, menerima dan mengumpulkan darah. Ruang bawah, yang disebut ventrikel, memompa darah ke tubuh. Bekerja bersama, ruang-ruang jantung menggerakkan darah yang menopang seluruh tubuh.

Perawatan apa yang tersedia?

Pengobatan untuk Venticular Tachycardia mencakup pengelolaan semua penyakit yang menyebabkan kondisi tersebut. Perawatan ini dapat meningkatkan atau mencegah ritme jantung yang tidak normal kembali. Dalam situasi darurat, CPR, defibrilasi listrik, dan obat-obatan IV mungkin diperlukan untuk memperlambat denyut jantung. Perawatan non-darurat biasanya termasuk radiofrequency catheter ablation (RCA) atau implantable cardioverter defibrillator (ICD).

Ablasi Kateter Frekuensi Radio

Ablasi kateter radiofrekuensi adalah prosedur yang dilakukan oleh ahli jantung elektrofisiologi, yang merupakan ahli jantung yang mengkhususkan diri dalam merawat pasien dengan gangguan irama jantung. Pada bagian pertama prosedur, dokter menggunakan teknik elektrofisiologi untuk menentukan lokasi di jantung tempat irama abnormal dimulai. Pada langkah kedua, dokter menggunakan kateter dengan ujung khusus yang memancarkan bentuk arus listrik frekuensi tinggi. Arus digunakan untuk menghancurkan sejumlah kecil jaringan di area ventrikel tempat irama abnormal dimulai. Ini disebut prosedur ablasi.

Ablasi ventrikel takikardia memiliki sejarah panjang keselamatan dan kesuksesan. Untuk beberapa pasien, ablasi sepenuhnya menyembuhkan irama abnormal, dan tidak ada perawatan lain yang diperlukan. Ablasi juga dapat meningkatkan pengobatan dengan defibrillator kardioverter implan.

Defibrillator Cardioverter Implan

ICD adalah perangkat yang ditanam di bawah kulit. Ini memonitor dan mengontrol irama jantung. Jika ia mendeteksi episode takikardia ventrikel, ia bertindak cepat untuk mengembalikan jantung Anda ke ritme normal. ICD terdiri dari generator pulsa, yang seukuran pager, dan satu atau lebih kabel timah yang menghubungkan generator pulsa ke jantung. Sadapan dimasukkan melalui pembuluh darah dan diposisikan di jantung. Prospek mengirim informasi tentang aktivitas listrik jantung ke microchip komputer dalam generator pulsa. Jika komputer mendeteksi detak jantung yang tidak normal, generator pulsa mengirimkan sinyal listrik melintasi kabel ke jantung untuk mengembalikan ritme jantung yang normal. Studi klinis menunjukkan bahwa ICD dapat menghentikan Venticular Tachycardiayang mengancam jiwa pada hampir semua pasien.

Obat-obatan

Obat-obatan untuk memperlambat detak jantung adalah pilihan pengobatan lain untuk pasien dengan takikardia ventrikel. Obat-obatan ini bisa efektif tetapi dikaitkan dengan beberapa efek samping yang serius dan berpotensi fatal, dan tidak digunakan sebanyak dulu.

Perawatan Lanjutan

Penting untuk menepati janji temu Anda untuk kunjungan tindak lanjut rutin. Dokter Anda akan ingin melihat apa yang Anda lakukan, memastikan perawatan Anda bekerja dan berbicara tentang gejala atau perubahan yang Anda alami. Anda juga harus mengikuti diet jantung sehat dan rencana olahraga yang direkomendasikan oleh tim kesehatan Anda untuk Anda.

Sumber

https://my.clevelandclinic.org

https://www.ucsfhealth.org

Uncategorized

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*